Prosedur Banding

  1. LSP Perasuransian Indonesia menerima, melakukan kajian, dan membuat keputusan terhadap banding. Proses penanganan banding mencakup setidaknya unsur-unsur dan metoda sebagai berikut:
    • proses untuk menerima, melakukan validasi dan menyelidiki banding, dan untuk memutuskan tindakan apa yang diambil dalam menanggapinya, dengan mempertimbangkan hasil banding sebelumnya yang serupa;
    • penelusuran dan perekaman banding, termasuk tindakan-tindakan untuk mengatasinya;
    • memastikan bahwa, jika berlaku, perbaikan yang tepat dan tindakan perbaikan dilakukan.
  2. LSP Perasuransian Indonesia membuat kebijakan dan prosedur yang menjamin bahwa semua banding ditangani secara konstruktif, tidak berpihak, dan tepat waktu.
  3. LSP Perasuransian Indonesia memberikan penjelasan mengenai proses penanganan banding kepada pemohon sertifikasi.
  4. LSP Perasuransian Indonesia bertanggungjawab atas semua keputusan di semua tingkat proses penanganan banding. LSP Perasuransian Indonesia menjamin bahwa personil yang terlibat dalam pengambilan keputusan proses penanganan banding berbeda dari mereka yang terlibat dalam keputusan yang menyebabkan banding.
  5. Penyerahan, investigasi dan pengambilan keputusan atas banding tidak akan mengakibatkan tindakan diskriminatif terhadap pemohon banding.
  6. LSP Perasuransian Indonesia menerima banding, dan memberikan laporan kemajuan serta hasil penanganannya kepada pemohon banding.
  7. LSP Perasuransian Indonesia memberitahukan secara resmi kepada pemohon banding pada akhir proses penanganan banding.